Apakah Auto responder? biasanya kalau kita lagi berlibur, beberapa hari kita tidak bisa membuka E-mail. ( mungkin sekarang bukan jamannya lagi, ya? dengan adanya BlackBerry, handphone  dll ) Tetapi kadang kita tidak mau ribet dengan urusan E-mail kalau berlibur.
Untuk menghormati teman kita yang kirim Email, perlu di kirim balasan agar si pengirim merasa dihormati, dan sekalian bisa bikin pengirim Email heran. Wah cepet banget balasnya? atau kalau kebetulan ngirimnya dini hari, langsung kebalas Emailnya, pikirnya ” wah, nih orang ndak tidur, ya? ” he he. Ketipu lu.
Ada lagi yang kirim Email, langsung dibalas oleh Auto responder, yang isinya ” Terima Kasih, Email anda segera saya balas”. Dia balas juga ” Terima Kasih saya tunggu”, karena dibalas lagi oleh Auto responder lagi, dia baru sadar kalau dibalas oleh robot. he he
Itulah sekilas cerita yang saya alami, dengan Auto responder kita bisa mencantumkan Nama, Alamat Website, atau Nama Toko dll.

Bagaimana sih bentuk Autoresponder? dibawah ini contohnya:

Contoh Auto responder

Contoh Auto responder

Nah, sudah mengerti apa yang saya maksudkan? banyak sih yang mengatakan bahwa salah satu kesalahan promosi di website tidak memakai Auto responder, ( yah! sudah tahu Auto responder! ) tapi cara  menerangkan atau memberi tutorial/ panduannya mbulet, ngalor-ngidul maunya apa, gitu loh! Untuk protes terhadap Senior yang mau kasih ilmu tapi separoh-separoh saya beberkan aja secara gamblang. Anak kecilpun tahu?

Setting di Gmail :

Gambar 1

Gambar 1

Buka dulu Gmail anda, setelah itu klik Vacation Settings ( Gambar 1 )

Gambar 2

Gambar 2

Klik pada Vacation Responder on, tulis Message , setelah anda tulis pesan untuk Auto responder anda, klik Save Change. Selesai. ( cuman gitu aja? )

Setting di Yahoo :

Ganbar 3

Ganbar 3

Masuk dulu di Yahoo anda. Tentunya setelah mencantumkan user name dan password,  klik Options> Mail Options

Gambar 4

Gambar 4

Kilik Vacation response tentukan mulai kapan Auto response anda digunakan ? dari tanggal berapa sampai berapa?
Kemudian isi kolom Message setelah itu klik Save Changes.  ( Cuman gitu aja? ngomong dari tadi dong? ) he he
Kalau ingin lihat hasilnya, centang ” Send a sample copy to my inbox ”

Semoga berguna.